Study Tour : Management 2015 Goes To Sorong and Raja Ampat

Study tour merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen, Program Study Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih. Kegiatan study tour selain merupakan kegiatan tahunan jurusan manajemen juga merupakan kegiatan yang dapat menjadi sarana bagi mahasiswa/i untuk menyalurkan ilmu yang didapatkan selama proses perkuliahan di kampus berlangsung.

Pada tahun ini kegiatan study tour diselengarakan oleh seluruh mahasiswa manajemen angkatan 2015 dengan tema “Mengembangkan Jiwa Berwirausaha Masyarakat Lokal Kelurahan Klawasi, Distrik Sorong Barat”. Kegiatan study tour dilaksanakan pada tanggal 9 – 16 Februari 2018 dan tempat pelaksanaan bertempat di Kota Sorong khususnya Kelurahan Klawasi, Distrik Sorong Barat, SMA N 1 dan SMA N 3 Kota Sorong serta Raja Ampat.

Tujuan utama dilaksanakannya study tour tahun ini di Kelurahan Klawasi, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong adalah mengajak masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup melalui berwirausaha serta mengembangkan jiwa berwirausaha masyarakat lokal, dan juga untuk memperkenalkan Universitas Cenderawasih khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen kepada siswa/i SMA/SMK sekitar.

Dengan memberikan kesempatan bagi para peserta study tour untuk belajar secara langsung mengenai berwirausaha dengan sumber ajar (industri kripik soya) sebagai sarana para peserta untuk melihat potensi ekonomi pada Kota Sorong yang dapat dikembangkan, sebagai sarana penerapan dan penyaluran ilmu para peserta study tour kepada masyarakat luas khususnya pada masyarakat Kelurahan Klawasi, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong (kuliah kerja nyata), sebagai sarana menerapkan fungsi manajemen (planning, organizing, directing, and controlling) dalam kegiatan study tour, menambah wawasan para peserta, memberikan pengalaman bagi para peserta, menciptakan dan mempererat kekompakan antar sesama peserta (baik ekstensi maupun reguler dalam satu angkatan), serta rekreasi bersama mahasiswa manajemen angkatan 2015.

Dalam study tour 2018 para peserta melakukan berbagai kegiatan, yaitu sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Sorong. Sekolah yang menjadi tempat sosialisasi adalah SMA N 1 Kota Sorong dan SMA N 3 Kota Sorong. Sosialisasi dilakukan berupa pengenalan mengenai kampus dan Jurusan Manajemen. Selain sosialisasi di sekolah-sekolah para peserta juga melakukan sosialisasi ke masyarakat lokal, yaitu masyarakat Kelurahan Klawasih distrik Sorong Barat sesuai dengan tujuan utama kegiatan ini. Akhir dari kegiatan ini para peserta study tour  melakukan kunjungan Wisata Ke Raja Ampat selama 1 sehari.